Arif Wahyu Hidayat, S.Pd (MTs N 34 Jakarta)
”Proses
pembelajaran pada satuan pendidikan diselenggarakan secara interaktif,
aspiratif, menyenangkan, menantang, memotivasi peserta didik untuk
berpartisipasi aktif, serta memberikan ruang yang cukup untuk bagi prakarsa,
kreativitas, dan kemandirian sesuai bakat, minat, dan perkembangan fisik, serta
psikologis anak didik.”( Peraturan
pemerintah no 19 tahun 2005 bab IV pasal 19 ayat 1)
Dari peraturan pemerintah itu muncul
istilah PAIKEM GEMBROT yaitu Pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif dan
Menyenangkan sehingga pembelajaran menjadi Gembira dan Berbobot.
PAIKEM dapat didefinisikan sebagai: pendekatan mengajar (approach
to teaching) yang digunakan bersama dengan banyak metode tertentu dan
dengan berbagai media pengajaran yang disertai penataan kelas dan tempat duduk
siswa sedemikian rupa sehingga proses pembelajaran menjadi aktif, inovatif,
kreatif, efektif, dan menyenangkan. Dengan demikian, para siswa merasa tertarik
dan mudah menyerap pengetahuan dan keterampilan yang diajarkan.
Perkembangan
teknologi informasi dan komunikasi saat ini memungkinkan PAIKEM GEMBROT BER JAS
istilah BERJAS artinya berbasis jejaring sosial (Internet)
Pada
saat sekarang ini sudah begitu banyak infrastuktur Teknologi Informasi dan
Komunikasi yang ada.dan masyarakat (termasuk peserta didik) sudah melek dengan
teknologi. yang menjadi masalah besar dalam benak kita bagaimanakah dengan
gurunya apakah sudah melek Teknologi Informatika dan komunikasi ?.
Sudah menjadi tantangan bagi para pendidik untuk segera menguasai TIK atau teknologi informatika dan komunikasi sehingga guru tidak ketinggalan dari siswanya dalam hal TIK, apalagi PAIKEM GEMBROT sudah ditambahakn dengan BERJAS nampaknya mau tidak mau, suka tidak suka, kita para guru mutlak harus mempelajari jejaring sosial ini agar kita dapat memanfaatkan jejaring sosial ini sebgai media pembelajaran kita.dan dapat membantu siswa untuk membangun sendiri ilmu pengetahuan didalam dirinya (konstruktivis)
A. Aktif
Guru
1.
aktif memotivasi siswa agar siswa tertarik terhadap
materi yang akan dipelajari
2.
aktif sebagai fasilitator untuk memfasilitasi
diskusi siswa dan aktif membimbing siswa untuk mengambil kseimpuan kesimpulan,
dan memperbaiki jawaban siswa yang kurang sempurna menjadi jawaban yang benar
Siswa
1.
aktif mengaitkan materi yang sedang dipelajari dngan
materi yang lain
2.
aktif dalam diskusi kelompok atau mengerjakan tugas
yang diberikan oleh guru dan
aktif memberikan tanggapan kepada hasil kerja kelompok lain yang sedang
presentasi didepan kelas aktif menjawab pertanyaan kelompok lain tentang hasil
pekerjaan kelompoknya
B. Inovatif
Guru
1.
Guru
merancang suatu pembelajaran yang memungkinkan siswa mendapatkan gagasan
gagasan baru agar siswa mandapatkan kreasi baru
2.
merancang
alat peraga pembelajaran yang baru yang lebih dipahami oleh peserta didik
Siswa
1. Giat belajar dan bekerja
2. Selalu berorientasi kedepan
3. Kaya ide-ide yg cemerlang
4. Berfikir rasional dan berprasangka
baik
5. menghargai waktu dan menggunakannya
dgn sebaik-baiknya
6. Suka melakukan eksperimen-eksperimen
dan penelitian
C. Kreatif
Guru
1.
kreatif
Merancang gambar gambar illustrasi merancang media pembelajaran
2.
kreatif
merancang alat dan bahan demonstrasi
3.
kreatif
merancang skenario pembelajaran sehingga tercipta pembelajaran yang menimbulkan
gagasan gagasan baru dengan kemungkinan jawaban yang banyak
4.
kreatif
merancang lembaran kerja siswa dengan pertanyaan pertanyaan yang terpilih
sehingga siswa tertantang untuk mempelajarinya
Siswa
1.
Mencari
gagasan-gagasan baru dengan menemukan banyak kemungkinan jawaban terhadap suatu
masalah, yang menekankan pada segi kuantitas, ketergantungan dan keragaman
jawaban dan menerapkannya dalam pemecahan masalah.
2.
menciptakan,
mengimajinasikan, melakukan inovasi, dan melakukan hal-hal yang artistik
lainnya. Dikarakterkan dengan adanya keaslian dan hal yang baru. Dibentuk
melalui suatu proses yang baru. Memiliki kemampuan untuk menciptakan. Dirancang
untuk mesimulasikan imajinasi. (dari
berbagai sumber dengan beberapa tambahan)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar